Tips Membuat Paspor


Kebanyakan orang awam masih takut dengan urusan ke-imigrasi-an. Kali ini sekedar berbagi pengalaman ketika tahun lalu saya membuat passport di Kantor Imigrasi Yogyakarta. Siapa tahu ada yang ingin mengurus pembuatan passport, dengan artikel ini bisa bermanfaat. Prosesnya cukup mudah dan simpel, asal kita tahu prosedurnya.

Syarat pembuatan passport

  1. Formulir permohonan pembuatan passport dari Kantor Imigrasi
  2. KTP asli & fotocopy
  3. KK asli & fotocopy
  4. Ijazah / Akte Lahir asli & fotocopy (pilih salah satu)
  5. Akta nikah asli & fotocopy (apabila sudah menikah)
  6. Surat keterangan dari perusahaan (bagi karyawan swasta)

Prosedur pembuatan passport

  1. Pertama, datang ke kantor imigrasi terdekat dengan membawa semua dokumen
  2. Beli formulir pengajuan permohonan pembuatan passport di loket yang telah disediakan (the question is, why do we have to buy? seharusnya untuk dokumen publik seperti paspor, ktp, sim dll pemerintah menyediakannya dengan gratis, right?)
  3. Isi formulir dengan lengkap dan lampirkan dokumen pendukungnya
  4. Antre pemanggilan di loket pendaftaran
  5. Serahkan formulir & dokumen di loket pendaftaran untuk di verifikasi
  6. Setelah lolos verifikasi, petugas akan memberikan tanda terima dokumen & diminta datang lagi ke kantor Imigrasi beberapa hari kemudian untuk foto dan interview. Lamanya tergantung jumlah antrian pemohon
  7. Kedatangan kedua, final checking data diri, make sure ya..
  8. Antri di kasir untuk pembayaran pembuatan passport. Tenang, pelayanan kantor Imigrasi sudah semakin baik dengan penerapan good governance. Tidak ada lagi pungli, jadi anda hanya perlu membayar sejumlah uang sesuai dengan tarif dalam peraturan perundangan yang berlaku.
  9. Kemudian antri untuk foto diri. Pastikan anda sudah merapikan diri sebelum berhadapan dengan kamera petugas. Dan maaf, foto passport tidak boleh narsis pastinya. (apa jadinya kalo foto paspor ala ala cherrybelle? haha)
  10. Lanjut dengan proses interview. Don’t worry, ini tidak setegang yang anda bayangkan seperti interview dengan calon Bos untuk mencari pekerjaan atau interview dengan calon mertua untk mendapatkan anak gadisnya hahaha. Petugas biasanya hanya menanyakan 1-2 pertanyaan terkait maksud pembuatan passport dan destinasi kunjungannya. So, be calm & confident.
  11. Anda akan diminta datang lagi beberapa hari kemudian. Lamanya masih tergantung jumlah antrian pemohon
  12. Kedatangan ketiga, hanya untuk mengambil passport kita yang sudah jadi, dengan menunjukkan tanda terima yang sebelumnya sudah diberikan petugas.
  13. Passport anda siap untuk “di nodai” dengan cap-cap unik dari negara yang anda kunjungi.
  14. Selamat jalan-jalan !!

Tips Pembuatan Passort

  1. Untuk lebih mempercepat proses di Imigrasi, silakan manfaatkan pengajuan pembuatan secara online di website:  http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp
  2. Siapkan scan dokumen pendukung untuk kemudian di upload via wesite tersebut. Setelah selesai, anda akan mendapatkan tanda bukti & nomor seri pengajuan. Lampirkan tanda bukti tersebut ketika menyerahkan berkas untuk pertama kalinya.
  3. Pastikan penulisan data diri dalam dokumen-dokumen tersebut tertulis sama dan benar. Contoh yang sering terjadi, perbedaan penulisan nama seperti Sisca & Siska, Rudy & Rudi, dll. Apabila itu terjadi sebaiknya anda perbaiki dulu dokumen pendukung tersebut ke Instansi terkait. Kalau anda nekad? Siap-siap saja pengajuan passportnya ditolak/ditunda.
  4. Saran saya, kalau tidak terburu buru pergi dan tidak mau antri panjaaaaaaang, buatlah passport di bulan puasa/ramadhan. Tidak banyak pemohon di waktu-waktu ini. (ini tips dari petugas imigrasinya, dan saya sudah buktikan, beneran ga antri)
  5. Peak season pembuatan passport adalah bulan-bulan sebelum puasa/ramadhan karena sedang ada pembuatan passport para calon jama’ah haji dan bulan-bulan sebelum tahun ajaran baru karena biasanya banyak kalangan akademisi yang membuat/memperpanjang passport untuk kepentingan beasiswa/urusan akademis.
  6. Apabila (sialnya) masih bertemu dengan oknum nakal/calo dan anda tidak mau mengeluarkan banyak uang, bilang saja dengan tegas bahwa anda ingin mengurus passport anda sendiri. Kalau masih ngeyel lagi? Catat saja nama & identitasnya lalu adukan ke pusat pengaduan Kementrian Hukum & HAM di http://www.kemenkumham.go.id/kontak-kami/31-kontak-kemenkumham/4-pengaduan-masyarakat
  7.  Selamat mencoba, salam travellous !!

19 thoughts on “Tips Membuat Paspor

  1. Mas, mau tny itu untk akte dan ijazah ckp salah stu y ga prlu kdua2nya? Soalnya sy prnh baca di blog lain ada yg mncntumkan hrs dua2nya..

    • Berdasarkan pengalaman pribadi saya, hanya salah satu, akte atau ijazah. Ketika saya tanyakan langsung ke petugas imigrasi-nya, disuruh pilih mana yang lebih mantab. Karena dijadikan dasar penulisan nama yang benar di paspor.

  2. mas mau tanya,,
    kalo buat pasport dengan tujuan berkunjung apa harus menyantumkan surat ijin perusahaan? pdahal saya belum kerja,,hehhehe

    • Setau saya, surat keterangan perusahaan dibutuhkan apabila di KTP disebutkan pekerjaan sebagai Karyawan. Nah kalau belum bekerja kemungkinan tidak dibutuhkan surat keterangan tsb. Untuk info lengkapnya bisa coba ditanyakan langsung ke kantor Imigrasi setempat. Atau di forum ini ada yang bisa bantu jawab? hehe

      • mas klw pasporku 24 krn sy dulu tkw n masih berlaku sampai 2016 terus skrg saya mw jalan2 kekorea apakah harus ganti paspor 48 dan itu saya buat baru apa cukup perpanjangan saja.

      • mohon maaf mbak putri, kebetulan saya belum pernah menemui case seperti itu & saya juga sama2 cm pemegang paspor, bukan petugas imigrasi.

        saran saya, coba konsultasikan langsung dg kantor imigrasi terdekat. semoga jalan2 ke korea nya menyenangkan 🙂

      • Oya maksudnya saya akan berkunjung ke korea karena saya menikah dg pria korea dan masih proses untuk namaku dimasukan keluarga suamiku korea. Tp saya ada surat nikah dr KUA n dari catatan sipil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s