Sarapan Nasi Soto Di Kota Magelang


SARAPAN NASI SOTO DI KOTA MAGELANG

Menikmati segarnya udara Magelang di pagi hari sambil jogging itu sesuatu banget. Secara, di tengah kota ini terdapat Gunung Tidar yang memiliki vegetasi pinus, cemara dan pohon² besar lainnya serta semak perdu yang masih alami dan rimbun. Jadi, otomatis oksigen segar yang dihasilkan terbawa sepoi angin menyebar ke penjuru kota… hmmmm segarrrr. Dan akan lebih segar dan mantab kalau setelah beraktifitas di pagi hari, kita sarapan menikmati segarnya Nasi Soto yang ada di kota Magelang. Beuhhhh cap cuss !! berikut beberapa referensi saya:

Vegetasi Bukit Tidar

  1. Soto Ayam Pak Trimo

Jl. DI Panjaitan Jambon Magelang. Soto ini berkarakteristik spicy atau terasa bumbunya. Aroma rempah² seketika menyeruak ketika semangkuk soto panas dihidangkan. Begitu menggugah selera. Berbagai hidangan pendamping tersedia disini, mulai dari sate ati-ampela, sate usus, sate daging, sate telur, aneka gorengan dan kerupuk.

Soto Ayam + Perkedel Talas… “krenyes krenyess”

  1. Soto Mbah Mul

Jl Cempaka, bawah parkiran SMA N 1 Magelang, seberang rumah dinas Walikota. Yang khas di soto ini adalah perkedel talas/kimpul nya yang kecil-kecil nan crunchy. Krenyes-krenyes ketika dikunyah. Sangat nikmat ketika dicampurkan dalam olahan kuah soto yang panas. Kalau mau sarapan disini harus rela antri. Maklum tempat yang hanya warung tenda seadanya, tapi yang jajan rame banget. Jangan kesiangan kalau anda tidak mau kehabisan. Letaknya yang berdekatan dengan Taman Kyai Langgeng, dimana banyak orang jogging di pagi hari menjadi salah satu faktor larisnya soto ini.

Magelang

Soto Ayam Mbah Mul

  1. Soto Kawatan

Jl Sriwijaya, daerah Kawatan. Soto ini bercitarasa ringan, tidak terlalu berat rasa kuahnya. Ditambah sambal, kecap dan perasan jeruk nipis sensasinya bikin nagih. Biasanya si bapak penjual akan menyodorkan tambahan suwiran ayam kampung di mangkok tersendiri yang pastinya akan menambah selera makan. Tidak jarang kita akan satu meja koko² dan cicik² bahkan engkong² disini karena merupakan salah satu spot kuliner favorit mereka. Kalau gak mau kehabisan, ya jangan kesiangan karena biasanya jam 9 pagi dagangan udah ludes.

magelang

Soto Ayam Kawatan

  1. Soto Bu Marsih

Jl Singosari, pertigaan dekat PMI Magelang. Rasa soto disini, paling otentik dengan definisi “soto” menurut saya. Bumbu pala dengan kuah agak kekuningan. Dihidangkan panas ditemani tahu goreng tepung dan teh hangat tentu menjadi menu yang pas buat sarapan.

Masih banyak lagi warung soto yang ada di Kota Magelang ini. Dan warung-warung soto yang saya tulis tersebut beberapa hanya berupa warung tenda sementara yang ada di trotoar jalan. Tapi yang jajan? Mobil-mobil kinclong loh. Oiya, sengaja tidak saya sebutkan berapa harga per porsi karena harga bersifat fluktuatif dan dapat naik kapan saja. Yang jelas, jajanan di Magelang masih murah meriah nan mantabs. Gak akan kuras isi dompet kok. Malah terkadang banyak yang bilang: “bener ini cuma habis segini mas? Coba diitung ulang”

Dan kalau ngomongin soal makanan memang semua akan kembali lagi ke selera lidah masing² orang yang pastinya berbeda-beda. Jadi ketika kita bilang makanan ini enak, belum tentu orang lain akan bilang enak. Postingan ini hanya sebagai referensi saja, barangkali ketika anda berkunjung ke Magelang dan ingin merasakan sarapan yang segar², ya carilah nasi soto. Lain kali akan saya posting juga menu-menu andalan Kota Magelang yang lain. Selamat makan 🙂

11 thoughts on “Sarapan Nasi Soto Di Kota Magelang

  1. Hmmmm..Asli…sebagai salah satu penggemar soto saya jadi ngiler..Huahahahha!

    Soto Ayam Pak Trimo itu bikin ngeces ya Mas..Hahhaha..sayang soto yang lain gak di display..

    hahahah..nice blog btw…Nanti coba dilihat2 postingan yang lain 🙂

    Salam Newbie Part-Time Backpacker.. LOL

    @iamAdhityaP

    • Hahaha ini soto emang maknyuss. Foto soto² yang lain mau di display tapi kan mirip² gitu² juga. Makasih udah mampir bro, ntar kalo pas santai aku liat² postingan #random di blog mu.

      salam Part Time Backpacker !! 😀

      • Hahahah.ssiip…sama2 mas..nanti tak liat2 juga postingan Prt-Time Traveller nya,,.,hahaha..kayaknya seru.. 🙂

        Magelang, deket jogja ya? next time mampir ahh..

      • Monggooo silakan mampir, hanya 1 jam dari Jogja kok… atau kalo dari bekasi mau pake helikopter, bisa landing di AKMIL (begitu turun langsng di meriam tapi hehehehe)

      • Ide kedua cukup bagus, saya akan coba diem-diem naikin helikopter presiden..Trus sebelum sampe AKMIL saya bakalan terjun payung dan langsung samper Di Warung Soto Pak Trimo…Hahahaha..
        #salahFokus

      • Kadang kita dalam hidup harus berani mas!! *mengepalkan tangan* *dalam hati mikir 30x mau naikin helly presiden* Hahahha

    • ahaha kalo soto daging gajah beneran gimana rasanya yak? iya, yg bikin mantab soto kawatan itu suwiran ayam goreng bacem yang disajikan terpisah & ditaburi bawang goreng… nyamm

  2. nyam! soto! sebenernya sih memang enak santap soto di tempat, tapi saya lebih suka bungkus kuah sotonya untuk dibawa pulang, sebab kalau di rumah bisa “all you can eat” alias nasinya bebas tanduk, hahaha.

    tapi walau bagaimanapun saya penasaran. Kenapa jarang ada yang jual soto malam hari. Padahal malam hari kan hawanya dingin dan enaknya menyantap yang hangat-hangat? hehehe.

    • Sepakat Mas!! kadang suka bungkus soto juga sih, sampe rumah dipanasin lagi trus makan sambil selonjoran depan TV hehe

      di Magelang, ada penjual soto malam hari, tapi bukan soto kuah bening kaya yg pagi, melainkan soto lesah, kuah kuning santan cair… di Jl Tarumanegara & Jl Pahlawan. monggo kl mau nyobain kapan2 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s