Tips Berwisata Ke Karimunjawa


Karimunjawa: Tips, Prepare, Do’s & Dont’s

Kali ini saya coba share beberapa point untuk teman2 yang berencana mengunjungi kepulauan Karimunjawa, enjoy!!

suasana di KMP Muria saat peak season, gimana enaknya aja deh

PREPARE:

  1. Waktu, karena ga akan puas kalau cuma 1-2 hari di sini. Based on my experience minim 1 minggu baru puas. Bagi kaum buruh, silakan arrange cuti dari jauh-jauh hari.
  2. Fisik, banyak2lah olahraga untuk melatih fisik. Karimunjawa totally different dengan lingkungan kita sehari-hari. Renang dan Jogging akan sangat membantu.
  3. Biaya, apa style vacation-mu sangat menentukan point ini. Koper atau Ransel? Tentukan dari sekarang.
  4. Itinerary, jangan bosan untuk browsing info2 tentang Karimunjawa sebagai bekal pengetahuan spot mana yang bagus dan tempat mana yang wajib dikunjungi.

bahkan, nyempil di buritan kapal pun oke, tapi…………… JANGAN NGANTUK !!

Ingin Liburan? Dapatkan travel deals terbaru di Wego.co.id !!

DO’S:

  1. Listrik di Karimunjawa hanya menyala 12 jam, dari pukul 18.00 – 06.00, manfaatkan untuk charge semua alat elektronik seperti Kamera, HP, Handycam, dll. Jangan sampai ketika tour laut, anda melewatkan moment2 indah hanya karena baterai drop. Kan ga lucu…
  2. Bawa & pakailah Sunblock Cream untuk melindungi kulit dan wajah. Waktu kesana, saya gak bawa, alhasil balik jadi areng & dicaci maki orang sekantor hahaha #yanasib
  3. Life vest itu wajib hukumnya selama tour laut. Apalagi buat yang ga bisa berenang. Meski terkenal tenang, laut jawa pun bisa menunjukkan keganasannya sewaktu waktu. Kalo kecebur ke laut dan temen2 se kapal ninggalin gitu aja, mau gimana coba? Etapi kalo pada ikut tour / travel agent biasanya sudah disediakan kok.
  4. Optimalkan semua kesempatan yang ada selama vacation di Karimunjawa… “aji mumpung” sangat disarankan disini. Daripada nyesel setelah pulang, “wah kenapa kemarin gak gini gitu ya?”
  5. Selain wisata laut, kita juga bisa Wisata Kuliner disini. Datanglah ke alun-alun Karimunjawa yang hanya sebesar lapangan bola hehe… malam hari, kita bisa merasakan sensasi masakan khas Karimunjawa yang ajib²

main poker di geladak bawah? asyikin ajaahh

DONT’S:

  1. Jangan sampai telat datang ke kapal penyeberangan. Apabila menggunakan KMP Muria dari jepara, begitu anda tidak mendapatkan tempat duduk yang PW (posisi wuenak), maka mampuslah !! 6 jam trip Jepara-Karimunjawa akan menjadi mimpi buruk. Namun apabila menggunakan KMC Kartini dari Semarang, tentu akan lebih nyaman meski dengan konsekuensi harga tiket yang lebih mahal. Perjalanan ditempuh dalam 3.5 jam saja.
  2. Selama di KMP Muria, jangan tinggalkan begitu saja barang berharga seperti Dompet, Kamera, HP dll.
  3. Nah, kabar baik buat yang gak mau mati gaya 6 jam naik KMP Muria, beberapa bulan lalu sudah mulai dioperasikan KM Express Bahari. Dengan kapal ini,  rute Jepara-Karimunjawa dapat ditempuh hanya dalam 2-3 jam saja. WOW !! berangkat dari Jepara setiap hari senin, selasa, jumat dan sabtu. Tiap kamis off, istirahat.  Sedangkan keberangkatan dari Karimunjawa setiap hari Senin, Rabu,  Sabtu & Minggu. Dengan kapasitas maksimal 250 orang, Km Express Bahari mematok harga tiket yang lebih tinggi dari KMP Muria, wajar lah. Untuk reservasinya better dilakukan jauh-jauh hari biar nggak kehabisan tiket. Secara, KMC Kartini & KM Express Bahari ini laris manis tanjung kimpul tiketnya.
  4. Karang dan hewan-hean laut di Karimunjawa memang sangat indah, tapi ternyata beberapa diantaranya menyimpan racun. Diantaranya bulu babi, karang api, ikan batu. Jadi, jangan sembarangan menyentuhnya. Bisa-bisa liburanmu jadi kacau karena harus stay overnight di PUSKESMAS setempat.
  5. Jangan lepas alas kaki selama berkunjung ke pantai-pantai dan pulau di Karimunjawa apabila anda tidak ingin disengat ubur-ubur yang terdampar di bawah pasir pantai, atau terkena karang api yang sangat menyakitkan.
  6. Jangan dekati ikan pari, apabila bertemu dengannya saat snorkeling. Sabetan ekor berdurinya bisa membuat badan panas dingin.
  7. Waktu snorkeling jangan sekali-kali menginjak karang yah, karena mudah patah, dan kalo udah patah, tumbuhnya itu lamaaaaa banget. #SaveTheOcean
  8. Ketika hoping island, sampah plastik dari botol air mineral, snack dan sebangsanya JANGAN dibuang sembarangan. Harus kita keep dan baru kita buang di tempat sampah sepulang dari tour laut. Membuang sampah plastik di laut akan merusak karang & biota laut lainnya.

ini biker² udah kaya ikan teri, dijemur di rooftop, ampuh !!

TIPS:

  1. Untuk anda yang baru pertama kali ke Karimunjawa, kalau mau main aman dan tidak punya banyak waktu, ya silakan ikut tour agent. Tapi kalau punya banyak waktu & mau menikmati sensasi “get lost” silakan eksplore sendiri. Dijamin lebih seru!!
  2. Kalau mau menggunakan tour agent, masing-masing agen memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Aktiflah untuk melihat review di website, facebook ataupun twitter dari para traveller yang sudah pernah menggunakan agen mereka.
  3. Beberapa agen penyedia jasa trip paket ke Karimunjawa antara lain: explore karimunjawa, karimunjawa for backpacker, karimunjawa info, sukawisata, wisatakita, backpack seru, lembah pelangi, picnicholic, dan masih banyak lagi.
  4. The best time to visit Karimunjawa adalah dari bulan April s/d September. Cuaca cerah, arus yang tenang dan ombak yang bersahabat akan membuat liburan semakin sempurna.
  5. Para penggila seafood, datanglah pada bulan Agustus. Why? puncak musim ikan cuuuyy !!
  6. Bawalah uang tunai berlebih, karena waktu saya kesana (2011) belum ada ATM. yang ada juga Wesel Pos… gimana caranya makainya aja banyak yang kagak tau hehehe. Oiya, menurut update info, sejak beberapa bulan lalu sudah ada ATM Bank BRI. Alhamdulillah ya, sesuatu. Tapi nggak menutup kemungkinan juga kalau ini mesin ATM kehabisan duit, kan sekarang wisatawan yang berkunjung kesini semakin ramai.
  7. Tinggalkan dokumen penting yang biasanya menuh-menuhin dompet such as: Credit Card, STNK, SIM, Name Card, surat utang (jiahhh) hehehe selain ga berfungsi, ditinggal dirumah lebih aman kali ya…
  8. Carilah tanggal keberangkatan saat laut surut, biasanya dapat dilihat di kalender model jawa/arab. Karena ketika laut surut, akan terlihat “gosongan” yaitu gundukan pasir putih nan lembut di tengah laut. Spot favorit untuk berfoto ria. Tapi jangan harap akan menemuinya ketika laut pasang (full moon).
  9. Perjalanan Jepara-Karimunjawa di KMP Muria memakan waktu 6 jam. Dengan kecepatan hanya 7,5 Knot, menaiki kapal tambun ini seperti naik becak. Pelan dan semilir angin yang merayu membuat mata kita ingin terpejam. Jadi bersiaplah menata hati sejak sebelum berangkat. Kecuali anda berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dengan KMC Kartini, waktu tempuhnya hanya 3,5 jam.
  10. Carilah tempat yang nyaman selama penyeberangan. Isilah aktifitas dengan kegiatan seru. Bawalah koran/matras untuk alas tidur serta beberapa pengisi waktu: buku bacaan, iPod/MP3 player, kartu remi, monopoli, halma, catur, dll
  11. Perjalanan dari Jepara-Semarang ataupun sebaliknya apabila menggunakan bus umum “lumayan berat”. Dalam artian hampir semua armada bus tanggung menyetel vcd dangdut keras-keras. Mending kalo penyanyinya jelas seperti Iis Dahlia, Rita Sugiarto, Rhoma Irama, Mansyur S, dll. LAH?? Yang diputer itu konser dangdut kampung dengan sound ala kadarnya dalam rangka khitanan, kawinan atu festival desa yang kita ga tau siapa mereka. Plus keringat para penumpang yang berdesak-desakan. Wuahh !! mantab !! (mantab pusingnya maksudnya)
  12. Jadi saran saya, kalau ada mobil pribadi, pakailah. Kalau yang dari luar kota dan masih ada budget, sewalah mobil pribadi. Atau kalau memang harus menggunakan fasilitas bus umum ini, carilah tempat duduk paling depan agar tidak desak-desakan dan bawalah earphone !!
  13. Multivitamin is a must !! to protect your body during over activities in Karimunjawa.
  14. Bawalah minuman instan, mie instan, cabai. Ketika kita menginap di homestay dan sudah mulai bosan dengan menu seafood, menu ini bisa menjadi “pelarian” hehe…
  15. Bawalah t-shirt berwarna cerah, bersiap-siaplah kegerahan kalau pakai warna gelap
  16. Apabila anda memiliki wetsuit, itu akan sangat membantu melindungi kulit dari sinar matahari yang membakar ketika kita ber snorkeling ria di pulau-pulau nan indah itu.
  17. Ketika mencari souvenir untuk oleh-oleh, ajaklah teman-teman anda beramai-ramai seperti rombongan perampok siap beraksi hehe…  dengan begitu, si empunya toko (biasanya) akan lebih mudah memberikan discount.

salah satu cafe tempat nongkrong di Karimunjawa, asik cuy!!

VALUE:

  1. Ketika perjalanan di KMP Muria, sempatkan naik ke geladak rooftop, berdirilah, rasakan sensasinya, lihat sekeliling, dan merenunglah… “betapa kecil kita diantara ciptaanNYA”. Kita hanyalah setitik kecil di tengah lautan, diantara alam raya yang tidak ada artinya. Namun terkadang kita lupa akan kebesaranNYA. Mohonlah ampunanNYA…
  2. Bersyukurlah kita ditakdirkan hidup di kota-kota besar, dengan segala fasilitas dan hedonisme nya. Coba renungkan saudara-saudara kita yang ditakdirkan hidup di pulau-pulau terpencil, hidup dengan fasilitas yang sangat minim, sepi, minim pergaulan dan harus survive…

Hmmmm sebenarnya masih banyak yang ingin saya tulis, tapi semoga yang sedikit ini bisa membantu teman² yang berencana berpetualang di Karimunjawa. Semoga bermanfaat. Amien.

Have Fun Guys !! Kenali negerimu, Cintai Negerimu !! #WonderfulIndonesia

Jangan Lewatkan Harga Tiket Pesawat Termurah di Wego.co.id !!

Advertisements

30 thoughts on “Tips Berwisata Ke Karimunjawa

  1. seriously itu dari jepara-semarang bus nya begitu? apa jadinya lebih nyaman pakai bus jkt – jepara ya? kalau dari total perjalanan KA jkt – semarang 7 jam + bus jepara jakarta 2-3 jam, cuma beda tipis ya sama bus jkt – jepara 12 jam. hmmm….

    • mostly bus Jepara-Smg begitu. kalau mau balik JKT lebih nyaman langsung dari Jepara aja, naik bus Bejeu, Haryanto, dll. Gak rekomen kalau mau ganti kereta di SMG karena akan lebih repot 🙂

  2. kalau naik mobil sendiri trus di parkir di pelabuhan jepara bisa ngak mas……
    trus ntar ke karimun jawa naek Ekspres Bahari….
    kira2 ada parkir mobil u/ nginap harian ngak mas di pelabuhan !!!!

    • Bisa mas, waktu saya kesana ada temen yang nitip mobilnya di pelabuhan Jepara.
      Sebelum ditinggal, make sure semua pintu sudah terkunci & alarm on demi keamanan.
      Selamat berlayar 🙂

    • Thanks, semoga bermanfaat. Anak 7 tahun sudah bisa diajak melaut kok, secara ombak di Karimunjawa relatif tenang di musim kemarau. Asal tetap safety first ya, pelampung jangan lupa. Nice vacation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s