Klangenan di Pendopo nDalem Restaurant


Pendopo nDalem Restaurant

Citarasa Masakan Jawa di Rumah Raja

Aneka Menu Khas Jawa di Pendopo Pakuningratan

Kawasan Ngasem, Yogyakarta terkenal sebagai salah satu kampung batik yang unik di sebelah barat Keraton Yogyakarta. Prawirotaman, Wijilan, Langenastran, Ngadisuryan, Patehan, Pakuningratan, Tirtodipuran adalah nama-nama daerah di kawasan ini. Penamaan daerah ini menandakan, dulunya pada masa kerajaan mataram berkuasa, daerah-daerah ini menjadi domisili para kerabat dan abdi dalem keraton sesuai dengan jabatannya. Sisa-sisa masa kejayaan para saudagar batik tempo dulu masih terlihat dari arsitektur bangunan yang ada di kawasan ini. Meskipun saat ini kondisinya sudah tak sebagus awalnya, bahkan ada beberapa yang sudah mengalami renovasi dan dijadikan toko-toko batik.

Pendopo Ndalem Pakuningratan

Capek berjalan menyusuri kawasan ini, saya dan teman-teman memutuskan untuk singgah mengisi perut yang mulai keroncongan di sebuah restoran antik. Pendopo nDalem Restaurant namanya. Berlokasi di Jl Sompilan no 12 Ngasem Yogyakarta, restoran ini adalah salah satu dari beberapa tempat makan yang menyediakan berbagai macam menu khas jawa. Mulai dari nasi kuning, gudeg, acar kuning, sambel goreng krecek, sate, lodeh, sampai menu-menu khas keraton yang menggugah selera. Menu buffet yang terhidang memanjang langsung membuat lidah bergoyang. Meskipun sebenarnya sudah relatif terbiasa dengan masakan jawa, namun nikmatnya menyantap hidangan di siang yang terik itu sungguh tiada duanya, maklum lagi kondisi laper maksimal hehe. Alunan gending jawa mengalun merdu merambat menggetarkan gendang telinga menyusup raga… damai. Semilir angin berhembus menerpa raga. Round table tertata rapi diatas lantai keramik bermotif kuno seakan membawa para tamu kembali ke masa lalu. Siang itu, segelas es dawet gula aren menjadi hidangan penutup yang sempurna. Kenyal nya dawet dipadu dengan air santan kelapa yang dingin membasahi tenggorokan.

Turis Makan di Pendopo Ndalem Pakuningratan

Di meja seberang, beberapa wisatawan asing sedang asyik menikmati masakan yang dihidangkan. Sambil sesekali terlihat raut muka mereka berubah, mengernyit, mengecap, pelan-pelan menelan, lalu tersenyum sambil mengamati aneka makanan yang ada di piringnya, tentu bukan makanan sehari-hari mereka di negara asalnya sana. Sang guide pun menjelaskan apa yang sedang dimakannya. Ternyata semakin siang, semakin banyak bule yang datang kesini untuk mencoba makan masakan citarasa jawa.

Krobongan Pendopo nDalem Restoran

Krobongan Pendopo nDalem Restoran

Selesai makan, saya sempat berkeliling dan ngobrol mengenai sejarah restoran dengan salah seorang staff. Pendopo nDalem Restaurant menempati sebuah bangunan kuno yang artistik. Usut punya usut, ternyata bangunan bersejarah yang mulai dibangun pada tahun 1872 ini dulunya adalah rumah dari putra Sri Sultan Hamengkubuono VII yang bernama Gusti Pangeran Purboyo. Disebut juga sebagai nDalem Purbayan Lama. Di rumah ini pula, Pangeran Purboyo memiliki putra pada tahun 1912 yang bernama G.R.M Dorojatun, yang kemudian lebih dikenal sebagai Sri Sultan Hamengkubuono IX. Sejarah kemudian mencatat peristiwa turun tahta nya Sri Sultan Hamengkubuno VII pada tahun 1913 dan digantikan oleh G.P Purboyo dan bergelar Sri Sultan Hamengkubuno VIII. Karena diangkat menjadi raja mataram, keluarga yang tadinya menempati nDalem Purbayan, pindah ke dalam keraton. Pada tahun 1928, rumah ini diberikan kepada putri sultan VIII yang bernama Kanjeng Ratu Pembayun yang menikah dengan Bendoro Pangeran Haryo Pakuningratan. Sejak itulah rumah gedhong ini dikenal dengan nama nDalem Pakuningratan.

Mengetahui sejarah rumah besar yang sekarang dijadikan restoran ini saya tiba-tiba merasa bangga bisa makan di rumah para raja mataram. #njurngopo
Selamat makan 🙂

3 thoughts on “Klangenan di Pendopo nDalem Restaurant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s