Jejak Kejayaan Malaka Masa Lalu


Malaka Trip Part 3

Fort Malacca, Melaka, Malaka

Fort Malacca

Pernah dijajah 3 bangsa yaitu Portugis, Belanda dan Inggris membuat Malacca memiliki akulturasi budaya yang unik baik dari segi etnis penduduknya, tata kota, arsitektur bangunan hingga adat istiadatnya. Etnis mayoritas yang mendiami Melaka adalah Melayu. Lainnya ada etnis Cina/Peranakan, India dan sebagian kecil etnis Serani yang merupakan keturunan Portugis dan sampai saat ini masih menggunakan bahasa Cristao dengan dialek Portugis lama. Multukultural namun bisa hidup berdampingan dengan rukun.

Melaka River Cruise

Melaka River Cruise

Puas berkeliling di kawasan Red Square Stadthuys, Faiz mengajak saya dan Sisca berjalan menyusuri riverside. Ya, disamping kawasan Bangunan Merah, terdapat sebuah sungai lebar yang mengalir hingga ke Selat Malaka. Perahu wisata hilir mudik mengangkut turis-turis yang sedang asyik menikmati river cruise. Tadinya kami tertarik untuk mencobanya. Tetapi setelah melihat sisa lembaran ringgit di dompet yang ternyata mepet, kami urungkan untuk mengeluarkan RM 15 per orang untuk membeli ticketnya. Secara, saat itu belum makan siang, padahal hari sudah menjelang sore. #TripNgenes hahaha. Next kalau ada yang mau jalan kesini, silakan dicoba Melaka river cruise, route nya sangat menarik karena melewati landmark² seperti Kampung Morten, Pirate Park, Ghost Bridge of Melaka, Kampung Jawa, Clock Tower dan berakhir di Jonker Walk.

Kincir Air Kesultanan Melayu Melaka

Kincir Air Kesultanan Melayu Melaka

Berjalan menyusuri Sungai Melaka menuju arah muara di siang menjelang sore hari itu nikmat banget panasnya. Disini saya seolah dibawa flashback ke masa lampau. Benar-benar terbayang bagaimana Melaka pada zaman dulu. Ketika Kesultanan Malaka mencapai puncak kejayaannya pada masa Sultan Mansur Shah dimana perdagangan antar bangsa begitu berkembang disini. Melintasi lorong waktu ketika Portugis tiba-tiba datang dan menjajah kota pelabuhan ini. Kemudian ketika Portugis ditaklukkan Belanda dan saat Inggris menjadi penguasa di Semenanjung Malaka pada abad 18.

Surau Warisan Melaka

Surau Warisan Melaka

Deretan rumah-rumah tua, pemakaman, jembatan kuno, bendungan dan kota tua yang menawan. Italah yang saya jumpai disini. Surau Warisan, reruntuhan Benteng Melaka, kincir air raksasa milik kesultanan Melaka, Casa Del Rio hotel, cafe-cafe, Maritime Museum dan replika kapal kayu Portugis yang berdiri megah dengan tiang yang menjulang adalah beberapa landmark yang biasa dijadikan spot berfoto. Akan sangat menyenangkan apabila bisa jogging di riverside track ini di pagi/sore hari. Perpaduan yang sangat menarik antara kehidupan kota pelabuhan yang bersejarah, bangunan tua yang terawat dan masyarakat yang ramah. Hal inilah yang menjadi daya tarik Melaka, menurut saya.

Maritime Museum Melaka, Replika Kapal Portugis

Maritime Museum Melaka

Overall, cukup menyenangkan berada di kota kecil ini. Meski hanya beberapa jam disini karena saya harus melanjutkan perjalanan dengan bus ke Singapura, saya jatuh cinta dengan setiap sudutnya. Sebenarnya banyak kota di Indonesia yang tak kalah bersejarah daripada Melaka. Namun sepertinya belum dioptimalkan potensi wisata sejarahnya dan belum dipromosikan secara gencar. Mari membangun secara konstruktif, bukan destruktif.

Salam heritage !

#LandtripMalaya ~ END

Advertisements

6 thoughts on “Jejak Kejayaan Malaka Masa Lalu

  1. Andai Semarang, Kota Tua Jakarta, Malang, Surabaya bisa dibikin kaya Malaka yah… Andai dulu deh… 😀
    Artikelmu tak jadiin panduan buat ke sana tahun depan, semoga sempet mampir spot-spot penting Malaka kaya sampeyan hehe…

    • Yup!! begitu banyak heritage site’s di Indonesia yg bisa dioptimalkan sbg destinasi wisata sejarah sebenarnya… namun…

      kalau mau ke Melaka, coba stay 2 hari deh biar puas, kemarin masih banyak spot yang belum di samperin.

  2. Pingback: Red Square Malacca Yang Mempesona | Destination Anywhere

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s