A Portrait of Cu An Kiong Lasem


Kelenteng Cu An Kiong Lasem

Mini Tiongkok adalah sebutan lain bagi Kecamatan Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Disini terdapat banyak bangunan peninggalan kaum Tionghoa dari masa ke masa. Salah satunya adalah Kelenteng Cu An Kiong yang terletak di Jalan Dasun, tak jauh dari jalan raya Daendels. Lokasinya juga berdekatan dengan Lawang Ombo / Omah Candu. Konon kelenteng ini merupakan kelenteng tertua di Lasem.

Interior yang sangat ethnic & indah membuat saya hanya bisa terbengong-bengong ketika berkunjung kesini beberapa waktu lalu. Mulai dari gerbang utama, patung-patung, ornamen, lukisan dinding, lantai keramik, sampai pernak-perniknya semua adalah maha karya. Ditambah dengan aroma hio / dupa persembahan untuk para dewa yang semerbak memenuhi ruangan semakin membius saya dan teman².

Kalau mau main ke Lasem, harus menyempatkan diri “sowan” kesini. Sempatkan juga ngobrol dengan pengurus kelenteng Cu An Kiong, karena dari mereka akan mengalir cerita² seru mengenai sejarah & filosofi bangunan ini. Meski postingan ini singkat, semoga bisa menjadi inspirasi liburan kamu. Cerita lebih lengkap tentang Lasem insyaallah akan diposting kalau para auditor ini sudah hengkang dari kantorku. Maklum, buruh… #eh #keceplosan | (endingnya curcol yee) hahaha

Happy Traveling !!

17 thoughts on “A Portrait of Cu An Kiong Lasem

  1. saya tunggu lanjutan cerita lengkapnya dan cerita hasil auditnya lengkap dengan temuan-temuan manisnya :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s