Canka Lokananta AKMIL Alunan Suara Surga


Marchingband Canka Lokananta AKMIL Magelang

Ada yang pernah melihat secara langsung aksi para taruna AKMIL Magelang memainkan alat-alat musik yang tergabung dalam korps Marching Band Canka Lokananta? Pasti akan terpana dengan atraksi akrobatik yang disuguhkan. Meliuk-liuk, menari-nari di jalanan sambil tetap memainkan lagu & mars dengan harmonisasi yang selaras. Kostum yang elok nan mencolok, postur tubuh yang sejajar, baris berbaris nya rapi menjadi ciri khas performance para taruna ini. Dan yang menjadi salah satu faktor daya tarik utama adalah, marching band Canka Lokananta termasuk jarang tampil di depan umum. Hanya pada event-event special saja. Jadi masyarakat sangat menunggu-nunggu tampilnya Sang Macan Lembah Tidar ini.

Canka Lokananta AKMIL - Bass Drum

Menurut sejarahnya, Canka Lokananta dibentuk pada tanggal 16 april 1959 dengan alat yang masih sangat sederhana kala itu. Kini, alat-alat musik yang dipakai sudah sangat lengkap, antara lain snare drum, tenor drum, bass drum, bellyra, trombone, terompet, flute, dll. Perpaduan suara alat-alat tersebut terdengar merdu ketika dimainkan oleh para taruna AKMIL. Hal ini tidak mengherankan karena sebenarnya secara tata bahasa, Canka Lokananta berarti suara dari surga.

Drumband Canka Lokananta AKMIL Magelang Marchingband

Dalam setiap aksinya, Marching Band Canka Lokananta dipimpin oleh Mayoret atau dalam istilah taruna disebut Penatarama. Biasanya postur tubuhnya lebih tinggi daripada yang lain. Kostum yang dipakai pun unik, penuh dengan aksesoris kebesaran khas militer dan mengenakan topi militer berhiaskan bulu-bulu. Atraksi permainan tongkat komando para Penatarama ini juga sangat ditunggu. Dengan luwesnya bergerak kesana kemari, mengatur barisan, urutan lagu & mars dinas, formasi variasi, hingga memperingatkan penonton untuk memberikan ruang gerak yang cukup luas bagi penampilan marching band ini. Maklum, penonton selalu berdesakan di kiri kanan jalan sehingga terkadang mempersempit ruang gerak arena show.

Canka Lokananta AKMIL - Macan Tidar

Sang Macan Lembah Tidar – tenor drum

Yang paling khas dari korps ini adalah kostum yang dipakai oleh penabuh bass drum dan beberapa tenor nya. Baju loreng bersayap dengan helm model kepala macan. Mereka lah sang Macan Lembah Tidar. Saya sempat berbincang dengan beberapa taruna sebelum mereka tampil dalam sebuah karnaval di jalanan Kota Magelang. Mereka bercerita, sebenarnya kostum macan bagi penabuh bass drum ini ada yang dari kepala macan asli yang diawetkan, ada juga yang artificial/tiruan. Kostum asli hanya digunakan pada saat tampil dalam acara khusus, di Istana Negara misalnya. Pergerakan group penabuh bass drum ini bebas berjalan kesana kemari. Yang paling keren kalau mereka sudah beraksi akrobatik dengan memutar badan terus menerus seperti gasingan sambil tetap menabuh atau membentuk formasi saling menumpuk alat.

Korps Marchingband Genderang Seruling Canka Lokananta ini selain menjadi kebanggaan para taruna AKMIL, juga merupakan salah satu icon kebanggaan masyarakat Magelang. Biasanya mereka tampil keliling kota pada saat event-event tertentu seperti misalnya parade perkenalan taruna junior, prosesi pawai “pamitan” taruna senior yang akan lulus menjadi perwira dan pada perayaan hari jadi Kota Magelang pada pertengahan bulan April setiap tahunnya. Hiburan rutin & gratis bagi warga kota ini.

16 thoughts on “Canka Lokananta AKMIL Alunan Suara Surga

  1. Dulu waktu masih di kampung, demen banget liat beginian zaman 17 agustusan. Sekarang dah jarang banget 🙂 apalagi anak2 sekarang dah ngak tertarik ama yg beginian kayak nya 😦

  2. dulu taun 90’an saya msh SD kelas 3 sampe kelas 4 setiap tanggal 5 Okt d aJak bolos sm bapak saya =D liat HUT ABRI (nama sblm TNI wkt itu) di Kemayoran wkt itu saya naik sepeda saya sendiri bapak saya sendiri yg Jarak dr rumah saya ke lokasi HUT ABRI -+ 3km (kyknya ga ada yg kyk githu ya anak kecil skrg), tp saya ga tau wkt itu penampilan Drumband canka lokananta atw bukan .akhirnya sampe skrg saya suka drumband “Akmil” khususnya, n skrg HUT TNI tertutup ya di Halim Perdanakusuma.

    mas fahmi anhar Mantap post-nya
    salam kenal

  3. Keren lah marching band canka lokananta gue smkn jadi moyeret meniru gerakan mayoret akmil sipp salut sama mayoret akmil..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s