Piodalan Pura Goa Lawah Klungkung


“Gek, ada apa ini kok ramai-ramai?” tanya saya pada seorang mbak² di pinggir jalan raya
“Mmm anu, ada upacara adat di pura, mau Odalan
“Oalah, pantesan kok trafficnya agak macet begini. Kita boleh lihat nggak?”
“Tentu boleh, sesaat lagi upacara puncaknya mau dimulai kayanya. Masuknya lewat pintu barat ya” katanya sambil tersenyum

Karena penasaran, saya dan teman-teman pun memilih untuk menepi mencari space parkir dan melihat upacara dari dekat. Padahal tujuan utama trip kami hari itu adalah ke desa adat Tenganan. Tapi nggak ada salahnya juga kalau mampir sebentar di pura ini.

Pelinggih Pura Goa Lawah Klungkung Bali - Anak

Pelinggih

Pura Goa Lawah namanya. Terletak di wilayah Desa Pesinggahan, Dawan, Klungkung. Lokasi pura yang strategis di pinggir jalan raya membuat pura ini mudah dijangkau oleh orang yang sedang melintas. Pura ini berdiri langsung menghadap laut selatan Bali. Pulau Nusa Penida tampak samar-samar di seberang laut. Yang membuatnya lebih menarik adalah, bagian utama pura merupakan sebuah goa kapur yang tak terlalu lebar yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Itulah mengapa pura ini bernama Pura Goa Lawah.

Kelelawar Pura Goa Lawah Klungkung Bali

Kelelawar Pura Goa Lawah

Ngobrol dengan pemangku adat, ternyata pura ini termasuk salah satu pura suci di Bali dan memiliki sejarah yang panjang. Pura Goa Lawah ini disebutkan dalam beberapa lontar seperti Lontar Babad Pasek dan Lontar Usana Bali. Dalam Lontar tersebut dinyatakan Pura Goa Lawah itu dibangun pada abad ke XI dan dipugar untuk diperluas pada abad ke XV. Wow!!

Ada suasana yang berbeda hari itu. Pura tampak cantik dengan berbagai balutan kain warna-warni, ornamen etnik, dan canang² sesaji. Pelinggih sanggar agung pun tampak agung dengan alat-alat upacara ada dimana-mana. Altar persembahan yang terbuat dari struktur bambu sudah ada di mulut gua. Semua untuk menyambut upacara piodalan atau istilah lainnya, hari ulang tahun pura, yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali.

Piodalan Pura Goa Lawah Klungkung Bali

Sesaat sebelum upacara Piodalan dimulai

Bisa dibilang, melihat upacara piodalan di Pura Goa Lawah ini adalah bonus yang tak diduga-duga dari trip kami. Saya yang seorang muslim dan tinggal di pulau Jawa tentu tidak pernah melihat upacara adat seperti ini. Jadi wajar kalau begitu senang ketika secara kebetulan bisa melihat dari dekat upacara sakral di tempat yang disakralkan umat hindu di Bali ini. So honored 🙂

Piodalan Pura Goa Lawah Klungkung Bali

ekspresi anak-anak ini… polos :’)

14 thoughts on “Piodalan Pura Goa Lawah Klungkung

    • haha iya emang banyak bgt kelelawarnya, mencicit riuh di gua belakang pelinggih utama…

      btw bukankah emang di setiap pura kita diijinkan masuk asal berpakaian sopan & follow the rules. tentu sebelum masuk, kita kulanuwun dulu dengan petugas penjaga pura 🙂

  1. Waks kemaren pas ke sini malah abis bubaran acara adatnya … Jd ketinggalan deh.

    Btw anak cewe yg depan lucu ya senyumnya, cempluk gitu 😛 Trus anak yg belakang paling tinggi kok … Kurang polos ya senyumannya *kabuuur*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s