Sate Suruh Salatiga


Aroma daging yang dipanggang diatas bara api menari-nari di hidung, begitu menggoda selera. Asap mengepul tak tentu arah. Sebuah kipas angin usang bergeleng ke kanan ke kiri menghebuskan udara sekuat tenaga, berupaya keras menyuplai udara kepada pengunjung warung agar tidak kepanasan. Sementara saya hanya bisa duduk manis di kursi pojok warung menunggu antrian ditemani semangkuk wedang ronde panas… Saya sangat kelaparan sore itu…

Sate Suruh Kuliner Khas Salatiga

Sate Suruh Kuliner Khas Salatiga

Anyway, setiap daerah di Indonesia ini, rata-rata memiliki kuliner sate yang khas & berbeda-beda. Ada sate padang, sate lilit, sate pusut, sate kerbau, sate maranggi, sate ambal, sate klopo, sate buntel, sate ponorogo, sate kere dan masih banyak lagi. Begitu pula di Salatiga, sebuah daerah di Jawa Tengah yang memiliki sajian khas bernama Sate Suruh. Pada saat mendengar namanya pertama kali, saya kira bumbu sate ini menggunakan daun suruh, atau sirih. Namun ternyata, Suruh adalah nama sebuah desa di Salatiga, tempat cikal-bakal resep sate nan lezat ini berasal.

Setiap berkunjung ke Salatiga, rasanya kok ada yang kurang kalau belum mampir ke warung sate suruh yang ada di kompleks ruko Pasar Salatiga, di Jalan Jenderal Sudirman. Sate yang merupakan salah satu andalan wisata kuliner di Salatiga ini dari daging sapi nan empuk. Warung dibuka mulai jam 09.30-21.30 WIB. Aneka bumbu rempah-rempah meresap sampai serat-serat daging terdalam. Usut punya usut setelah ngobrol dengan penjualnya, yang menjadikan sate suruh ini istimewa adalah bumbu kayu manis, kunyit & kencur. Jarang-jarang kan, sate tapi menggunakan bumbu-bumbu tersebut?

Sate Suruh lebih nikmat dimakan di tempat dengan menggunakan irisan ketupat. Kerupuk rambak dan sambal cabai rawit nan pedas siap menjadi pelengkap. Mari bersantap!!ย  ๐Ÿ™‚

Advertisements

26 thoughts on “Sate Suruh Salatiga

  1. GLEK!!!! *baca postingan ini sambil keroncongan*

    Sama Mi, pertama kali baca judulnya, yang kebayang itu daun suruh ditusuk2 dibikin jadi sate.
    Daging sapi dikasih bumbu kayu manis, kencur, dan kunyit? Hheemmmmm *membayangkan*

  2. Wow mantap ๐Ÿ™‚ , ada bahan bumbu kunyit seperti sate padang, tapi rasanya manis ya?. Kalo tempat yang jual sate padang di salatiga ada di mana ya? susah bener nyarinya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s