6 Museum di Kota Magelang


1. Museum Diponegoro

Museum Diponegoro Magelang

Museum Diponegoro Magelang

Bumi Magelang telah menjadi saksi peristiwa sejarah peradaban manusia di tanah Jawa sejak lebih dari seribu tahun lalu. Termasuk ketika era perang Diponegoro pada tahun 1930-an. Seperti yang tercantum dalam literasi sejarah, kala itu Pangeran Diponegoro ditangkap oleh Belanda yang dipimpin oleh Jenderal De Kock dalam sebuah “perundingan” jebakan di kediaman rumah dinas Residen Kedu pada tanggal 20 Oktober 1830. Untuk mengabadikan peristiwa tersebut, kini ruangan tempat penangkapan Pangeran Diponegoro dijadikan museum. Di dalamnya ada meja kursi yang di bagian pegangannya terdapat sedkit congkelan kuku bekas kemarahan Pangeran Diponegoro karena merasa ditipu. Benda-benda lainnya yaitu Jubah, balai-balai tempat shalat, Kitab Takrib dan 1 set cangkir. Peristiwa ini lalu diinterpretasikan dengan agung oleh pelukis maestro, Raden Saleh.

Lokasi: Kompleks Karesidenan Kedu Magelang, Jl Diponegoro No 1 Magelang 0293-362220

Waktu kunjung: Senin-Jumat jam 08.00 – 15.00 WIB

Admission: free

Transportasi: angkot jalur 7, 8

Lukisan Karya Raden Saleh, ilustrasi penangkapan Pangeran Diponegoro di Magelang

Lukisan Karya Raden Saleh, ilustrasi penangkapan Pangeran Diponegoro di Magelang | sumber foto: wikipedia

2. Museum Badan Pemeriksa Keuangan

Museum BPK Magelang

Museum BPK Magelang

Museum ini menyimpan berbagai benda bersejarah berdirinya Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) pada 28 Desember 1946. Kantor pertama BPK dibuka di Kota Magelang. Lokasinya masih satu kompleks dengan Museum Diponegoro.

Keterangan: Idem Museum Diponegoro

3. Museum Taruna Abdul Jalil

Museum Taruna Abdul Jalil di Kompleks AKMIL Magelang

Museum Taruna AKMIL Magelang

Magelang ini kota tentara. Dimana-mana basecamp tentara. DI utara ada ARMED 3/105 Nagapakca, di Timur ada markas Rindam IV Diponegoro, di Barat ada SECABA, dan di selatan ada kompleks AKMIL, Panca Arga & SMA Taruna Nusantara. Museum Taruna Abdul Jalil memang tidak dibuka untuk umum. Untuk berkunjung diperlukan reservasi dengan mengirimkan surat resmi kepada Gubernur Akmil. Museum ini menyimpan segala macam pernak pernik taruna & sejarah berdirinya AKMIL.

Lokasi: Kompleks Akademi Militer, Jl Gatot Subroto Magelang 0293-363002-09

Waktu kunjung: Senin-Minggu jam jam 07.00 – 14.45 dan dibuka lagi pukul 19.00 – 21.00

Admission: free

Transportasi: angkot jalur 2

4. Museum Jenderal Sudirman

Museum Sudirman Magelang

Museum Sudirman Magelang

Beliau kita kenal sebagai Panglima Besar Tentara Republik Indonesia kala perang mempertahankan kemerdekaan. Ketika perang gerilya, beliau jatuh sakit dan akhirnya meninggal di sebuah rumah peristirahatan tentara kala itu di Magelang. Rumah itu kini dijadikan sebagai museum. Di dalamnya terdapat tempat tidur ketika Jenderal Sudirman wafat. Ada juga meja yang digunakan untuk memandikan jenazah beliau. Sebuah replika tandu dan beberapa lukisan. Jenderal Sudirman dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta.

Lokasi: Taman Badakan, Jl Ade Irma Suryani No C 7 Magelang

Waktu kunjung: Setiap hari jam 08.00 – 15.00 WIB

Admission: free

Transportasi: angkot jalur 1, 3,5, 6, 10

5. Museum Bumiputera

Museum Bumiputera di Magelang

Museum Bumiputera di Magelang

Di kota kecil ini lahirlah sejarah perasuransian di Indonesia. Pendirian Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 diprakarsai oleh R. Widjosoewodjo, MKH Soebroto & M Adimidjojo yang patungnya terdapat di halaman depan museum. Dulunya, kompleks museum ini merupakan kantor pusat AJB Bumiputera. Di dalamnya tersimpan mesin ketik, mesin hitung, mesin kalkulator, mesin pencetak kuitansi, uang kuno, dll. Kalau mau berkunjung kesini ada baiknya melakukan koordinasi dulu by phone dengan pihak museum.

Lokasi: Jl Ahmad Yani No 21 Poncol Magelang Telp 0293-362610

Waktu kunjung: Senin-Sabtu jam 08.00 – 15.00 WIB

Admission: free

Transportasi: angkot jalur 1, 3, 4, 5, 6, 9, 10

6. Museum Oei Hong Djien

Museum Oei Hong Djien Magelang

Museum Oei Hong Djien Magelang

Terdapat 2 Museum Oei Hong Djien, OHD 1 menyimpan karya seni sebelum & saat kemerdekaan, sedangkan OHD 2 menyimpan karya seni kontemporer. Total ada lebih dari 1500 karya seni baik dari seni lukis, patung, pahat, keramik, dll.

Lokasi: OHD 1 Jl Diponegoro No 74 Magelang & OHD 2  Jl Jenggala No 14 Magelang

Telepon: 0293-363420

Waktu kunjung: Senin-Minggu jam 10.00 – 17.00 WIB kecuali Rabu tutup

Admission: Rp. 100.000,-

Transportasi: angkot jalur 1, 4

AYO KE MUSEUM !! 🙂

Museum Diponegoro Magelang

Kompleks Museum Diponegoro Magelang

Note:

    • Kondisi beberapa museum di Magelang tersebut memang agak “memprihatinkan”. Terkesan kurang terawat, sepi pengunjung or even li’l bit spooky. Bahkan yang orang Magelang sendiri pun, jarang banget main ke Museum. (karena saya pun dulu begitu hehe). So, jangan set ekspektasi berlebih ketika berkunjung ke museum-museum tua tersebut. Just feel the ambiance & enjoy!
    • Masalah how to get there, jangan khawatir. Kota Magelang itu kecil, hanya 3 kecamatan. Kamu nggak akan nyasar disini. Jangan bingung dengan banyaknya jalan dengan sistem one way traffic. Kalau terlanjur salah jalur/salah arah tenang saja, semua jalan di Magelang berhubungan. Kalau masih nyasar? just ask the locals, pasti dengan senang hati akan ditunjukkan tempat yang dimaksud. Orang Magelang ramah-ramah kok 🙂
    • Lebih seru kalau main ke museum-musem ini pake sepeda onthel sambil mampir wisata kuliner di Magelang. Seperti jajan Kupat Tahu Pojok / Pak Pangat, Es Semanggi di basement Matahari, Mie Ayam Lek Wie dekat Lapas, Es Krim Mahkota yg rasanya jadul, dan aneka jajanan tradisional di Pasar Ngasem.
    • Bingung mau stay dimana selama di Magelang? bisa cek rate hotel murah disini

Referensi: Buku Panduan Wisata Jawa Tengah by Dinas Pariwisata Jawa Tengah, 2013

Advertisements

30 thoughts on “6 Museum di Kota Magelang

  1. Yaaaa amploppppp ternyata itu toh Museum Oei Hong Djien, deket ama plengkung, deket ama rumah angsa kan? dulu ragu puol masuk gara-gara lihat kesannya yang “luxury” >.<
    Dari semuanya itu paling penasaran ama museum BPK, kaya e cuma ada di Magelang yah? Pnasaran isinya arsip angka atau foto-foto jadul penguasa BPK hehehe…
    Sodara Fahmi, next time anter saya kliling museum yah *kedip-kedip*

    • hahahaha la ta kirain kamu udah tau kalau itu museum Oei Hong Djien. Museum BPK ya gitu deh isinya hehehe….

      Boleh kapan-kapan kalau mau keliling museum. Ongkos ojeknya 100ribu per kilometer :p

  2. Salam kenal 🙂
    Wah, sy yg tinggal di magelang aj belum pernah e, jd pengen main2 ke museum. Kalau museum diponegoro itu kan di karesidenan ta, masuk lingkungan karesidenannya (selain museum) dibuka untuk umum ga sih mas?

    • salam kenal juga 🙂 yuk kita explore kota sendiri agar lebih mengenal lagi. kan ada ungkapan yang bilang: “tak kenal maka tak sayang” hehehe… jujur, sejak diri saya memberikan porsin”lebih” untuk Magelang, saya jadi semakin cinta dengan kampung halaman ini…

  3. Aku Pernah ke museum sudirman.. Waktu Study Tour ke Yogyakarta. Di museum sempet masuk ke kamar Jend.sudirman dan liat ada patung lilin.. Suasananya agak mistis gimana gitu! Asli pengen kesana lagi.

    • yup, spooky gimana gitu kan auranya… setiap lewat depan museum sudirman, aku kebayang bagaimana prosesi pemberangkatan jenazah dari magelang ke taman makam pahlawan kusumanegara yogya, konon ribuan oran melepas kepergian jenderal sudirman kala itu :’)

  4. dari sekian banyak, aku paling pgn dtg k museum Diponegoro dan Jend Sudirman… Suka aja masuk ke museum yang berhubungan dengan pahlawan. Apalagi kalo di dlmnya ada lukisan2 ato patung yang menggambarkan kisah hidup pahlawannya… Belajar Sejarah jd lebih mudah 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s