Review Eighty8 Backpackers Hostel Phnom Penh


Perjalanan malam nan panjang dari Siem Reap ke Phnom Penh akhirnya berakhir. Bus Virak Buntham yang saya tumpangi akhirnya sampai di kawasan Riverfront Phnom Penh, ibukota Kamboja. Antrian penumpang turun ke dek bawah sedikit melambat. Maklum, semua berusaha mengecek barang bawaannya masing-masing di dek bawah. Saya memilih turun terakhir agar tidak berdesakan.

Begitu turun dari bus, para penumpang disambut belasan supir tuk-tuk yang menawarkan jasa pengantaran. Ada yang ngoceh dalam bahasa Khmer, ada juga yang cukup fasih berbahasa inggris. Semua berlomba mencari rejeki pagi itu. Sambil sibuk menolak tawaran dengan senyuman, saya melayangkan pandangan ke sekitar. Mata saya tertuju pada sebuah tuk-tuk hitam berhiaskan tulisan “Eighty8 Hostel Backpackers”. Ya, itulah tuk-tuk yang saya cari. Pihak hostel memberikan fasilitas free pick up service untuk para tamunya. Lumayan 🙂

Swimming Pool Eighty8 Hostel Backpackers Phnom Penh

pool – Eighty8 Hostel Backpackers

Berdasarkan hasil survey akomodasi online sebelum berangkat, akhirnya saya memutuskan untuk menginap di Eighty8 Hostel Backpackers selama di Phnom Penh. Dari sekian banyak pilihan akomodasi di Phnom Penh Kamboja, saya tertarik dengan hostel ini. Why? Kenapa?

  1. Alasan utama memilih stay disini karena menurut hasil survey online yang saya lakukan, hanya Eighty8 Hostel Backpackers yang memiliki pool. Hahaha absurd ya alasannya. Penasaran aja, tumben-tumbenan hostel punya pool. Maklum, saya orangnya visual. Tertarik dengan foto-foto yang dipajang. Padahal ya cuma kecil gitu kolamnya. Nanggung kalau buat berenang hehe.
  2. Fasilitas free pick up service dengan tuk-tuk dari/ke terminal bus
  3. Fasilitas penunjang yang relatif lengkap. Ada meja billiard, mini bar – resto, lounge, wifi, pool, dll
  4. Lokasi nya relatif dekat dengan Wat Phnom & kawasan Riverfront.
  5. Room rates nya sangat terjangkau.

Eighty8 Hostel Backpackers Phnom Penh Cambodia

Eighty8 Hostel Backpackers berlokasi di #98 Street 88 Phnom Penh, Kamboja. Begitu saya sampai di hostel, secara visual tidaklah mengecewakan. Sama seperti dengan yang di foto. Petugas receptionist nya juga ramah. Setelah registrasi beres, saya diantar ke dorm room di lantai 2. Dorm room yang saya tempati ternyata agak berbeda dengan dorm room hostel lain. Biasanya kan berupa tempat tidur bertingkat, nah disini saya dapat yang single bed ukuran 160×200. Lumayan lebar. AC nya pun dingin. Ruangan kamar luas dan bersih. Masing-masing tamu dapat jatah loker untuk menyimpan ranselnya.

Sebenarnya, sebagai anggota keluarga istana saya bisa saja menginap di Royal Palace… Tapi karena satu dan lain hal saya memilih stay di hostel saja…. | #Apasih #FakeNews #Ngelantur #Abaikan

Satu pengalaman paling berkesan di hostel ini adalah ketika saya mengutarakan niat untuk menjalankan sholat di pojok ruangan kepada roommates yang semuanya bule. Mereka ternyata sangat kooperatif & pengertian. Begitu tahu saya mau shalat, mereka menghentikan aktifitasnya. Mulai dari mengobrol, telepon, main kartu, bahkan Dean, bule Amerika yang sedang Skype dengan bosnya pun menghentikan video call nya sejenak. Kemudian mereka memperhatikan gerak-gerik saya selama sholat. Antara terharu dan geli dengan kelakuan mereka. Usai sholat, kami lalu malah sharing mengenai kehidupan masyarakat muslim di negara masing-masing. Bahkan sampai ke potensi wisata negara masing-masing & pengalaman mereka traveling ke berbagai negara. Seru!

Oiya, kalau sore ada pasar jalanan dadakan di dekat hostel ini. Banyak pedagang yang menjajakan aneka masakan & cemilan khas Khmer. Ingin coba sih, tapi nggak yakin halal/nggak. Jadi saya hanya mencicipi segelas es tebu saja hehe.

Living Room Eighty8 Hos

Living Room

Untuk yang suka akomodasi dengan suasana hening & cozy, make sure kamu tidak stay di Eighty8 Hostel pada hari jumat minggu pertama setiap bulannya. Why? Karena biasanya mereka mengadakan First Friday Pool Party. Party ajeb-ajeb di lounge bawah till drop gitu. Tapi kalau senang party sih bisa sekalian gabung. Saya mah ogah. Jadi better make sure dulu, nanya via email. Mereka helpful banget kok.

Semoga review ini bisa menambah informasi bagi teman-teman yang akan ke Kamboja. Happy Traveling !!

Web: http://88backpackers.com

Daftar Hotel Murah Di Kamboja

24 thoughts on “Review Eighty8 Backpackers Hostel Phnom Penh

  1. Ada yang aneh di billiard lounge-nya…Gambar bapak pake topi ala polisi iku fotone sopo Mi? Suka banget ama lemari model kerangkeng, jadi keliatan itu tas punya anggota kerajaan atau nggak #ehh

    • entahlah itu foto siapa Lim, yg jelas bukan fotonya dian sastro atau olla ramlan sih.

      loker buat anggota keluarga kerajaan nggak kaya gitu dong. selama tidur, backpack nya dibawain sama pengawal di lobby bawah…

      *kipasan pake bulu merak*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s