Gua Kristal Kupang NTT


“Abis ini kita kemana Teh?” Tanya saya kepada Teh Riyanni Djangkaru.

“Kita ke Crystal Cave aja yuk, pada belum pernah kan, Mik? Keren deh!”

Ya, siang itu kami baru saja selesai makan siang di Kupang setelah kelaparan selama menempuh penerbangan pagi dari Alor. Karena masih memiliki waktu semalam lagi di Kupang NTT, akhirnya Saya bersama Nisa, Om Adhe & Pelan dibawa Teteh Riyanni keluar kota Kupang untuk “menyepi”. menuju sebuah perbukitan kapur di daerah Bolok, 20 km dari Kota Kupang. Mobil tidak bisa melaju kencang karena jalanan relatif sempit dan menanjak. Baru sekitar 45 menit kemudian kami sampai di lokasi.

Kawasan Karst Gua Kristal Kupang NTT

Kawasan Karst Gua Kristal Kupang NTT

Mobil berbelok ke kanan, memasuki jalan kecil diantara hamparan karst nan gersang. Aspalnya tak lagi mulus. Sesekali mobil bergoyang karena kami kebanyakan ulah ban melewati lubang. Sepanjang mata memandang, hanya semak perdu yang tumbuh disini. Itupun sudah mulai mengering. Gersang. Panas.

“Kita sampaiiii!!” kata teteh.

“Mana gua nya Teh?” Tanya Nisa.

“Udeeeh, turun dulu nape?”

Dan begitu turun dari mobil…

Sreeengg… hawa panas menerpa wajah wajah kece yang tadinya sedang santai berselimut sejuknya AC di dalam mobil. Sumpah panas banget siang itu! Tapi ya begitulah kondisi sehari-hari di Kupang.

Jalan Menuju Gua Kristal - Crystal Cave Kupang NTT

Jalan Menuju Gua Kristal – Crystal Cave Kupang NTT

Kami pun berjalan beriringan diantara padang fosil kerang-kerang tajam yang sudah menghitam. Ada yang aneh disini. Daerah ini adalah perbukitan kapur. Dataran tinggi. Nah, bagaimana bisa disini banyak ditemukan fosil kerang yang sudah mengapur? Bahkan kami sempat menemukan fosil kima atau kerang raksasa yang biasa hidup di dasar laut. Analisa sementara kami, (yang jelas-jelas bukan ahli geografi) mungkin jutaan tahun lalu perbukitan kapur ini adalah bagian dari dasar lautan yang kemudian tarangkat, atau bisa juga karena evolusi struktur bumi yang menyebabkan perubahan kontur & ekologi. Ah entahlah. Yang jelas, kawasan ini unik.

Pintu Masuk Gua Kristal - Crystal Cave Kupang NTT

Pintu Masuk Crystal Cave, Kolamnya Ada Di Dasar Gua Sonoooh !! Vertikal !!

Berjalan sekitar 50 meter, akhirnya sampailah kami di mulut gua. Dan…

“Ebuset! Beginian gua nya?”

“Hahaha keren kan? Masuknya gantian, hati-hati.”

“Adventure sih adventure, tapi nggak gini-gini amat medannyaah”

Saya cukup kaget ketika mengetahui bahwa Gua Kristal ini bertipe vertikal, bukan horizontal seperti gua yang lainnya. Maklum, kemana-mana saya biasa naik segway. Bahkan di rumah saya pun dipasang lift & eskalator. Tiba-tiba sekarang harus menghadapi medan ekstrim seperti ini. At least kan harus punya 2 nyawa… Iya gak?

#Halah #Apasih #Kumat #Setress #Abaikan #JustKidding #MaapNyampah

~ lanjut ~

Kami harus menuruni bebatuan masuk ke dalam gua dengan sudut elevasi sekitar 60˚. Melongok kedalam, gelap, pengap, sunyi. Satu persatu kami bergantian masuk ke dalam gua yang licin. Mecoba mencari pijakan batu yang kokoh agar tidak tergelincir. Kan nggak lucu kalau sampai ada yang cedera. Nggak kebayang kalau main kesini tapi nyeker tanpa alas kaki. Bisa-bisa boncel semua tu kaki. Bebatuannya runcing sekali.

Begitu sampai di dasar gua, saya tertegun. Ada sebuah kolam mata air alami yang cukup luas. Airnya begitu jernih. Sinar matahari menerobos masuk di sela-sela bebatuan sehingga air kolamnya memantulkan warna kebiruan. Perjuangan kami menuruni Crystal Cave ini langsung terbayar lunas!!

Subhanallah…

Saya termenung diantara kesunyian perut bumi. Betapa kecilnya kami, makhlukMU ketika berada disini.

Gua Kristal - Crystal Cave Kupang NTT

Crystal Clear Water!! See??

Pengalaman bermain ke Gua Kristal NTT ini merupakan salah satu pengalaman yang sangat berkesan sepanjang sejarah “kelayapan” saya. Entah mengapa. Yang jelas begitu membekas :’)

Dan jujur, sebenarnya saya agak ragu untuk menuliskan cerita singkat tentang pengalaman main ke Crystal Cave Kupang ini. Serba salah. Takutnya, setelah membaca postingan ini, akan semakin banyak orang yang  berkunjung kesana dan dikhawatirkan akan merusak ekosistem gua yang masih alami.

Jadi bagi yang mungkin mau ke Gua Kristal, saya himbau untuk tetap berhati-hati dan menjaga kebersihan.

  • Jangan membuang sampah sembarangan di dalam gua.
  • Jangan mandi menggunakan sabun & shampo di kolam dalam gua.
  • Apabila menemukan sampah di dalam, sebaiknya dengan suka rela membawanya naik ke atas untuk dibuang ke tempat sampah.
  • Jangan buang hajat di kolam dalam gua.
  • Jangan berkata kotor. Jaga mulut, jaga sikap. Li’l bit spooky.
  • Hormati adat istiadat setempat.

Let’s Go Green !!

Daftar Penginapan Murah Di Kupang

Ceruk Gua Kristal Kupang

Kami Bermain Di Salah Satu Ceruk Gua Kristal Kupang

Advertisements

31 thoughts on “Gua Kristal Kupang NTT

  1. Kerennnn…. denger-denger mitos yang beredar di sana serem loh…
    Bener banget kudu jaga tutur kata pas masuk ke dalam goa, ati-ati mandul kalo buang sampah di dalam kolam!!!

    • cara turunnya? tangan di dada, trus lompat bebas aja gitu… nikmat rasanya hahaha

      nggak lah, caranya merangkak gitu bro, ada bebatuan yang bisa dipijak, cuma ya harus hati-hati banget

  2. jernih bgt mas. ini kayak goa bawah air di soroako yang di danau matano. Sama halnya kita harus masuk goa dulu baru ada air jernih bgt tp ya ngga kayak crystal juga mas

    anyway saya bikin liputan toraja international festival kemaren akhir desember 2013 liputan tentang toraja international festival 2013 boleh dilihat di http://repyssa.blogspot.com/2014/01/toraja-international-festival-2013.html trus ini video yg yg saya bikin http://www.youtube.com/watch?v=f5xvb9IHlsA boleh dilihat

    • Weisss Toraja International Festival 2013 nya kece!! btw belum sempat beli tiket nyamperin kamu ke makassar direct via jogja, eh, merpati nya malah udah gulung tikar hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s